Tutorial Cara Merakit Personal Computer (PC) Lengkap Dengan Gambar

       

       INDTECHN.BLOGSPOT.COM Hallo sahabat blogger beberapa waktu lalu admin pernah berbagi tentang  Belajar merakit komputer dengan Pc Building Simulator mungkin beberapa dari anda sudah ada yang mencoba dengan aplikasi tersebut, dan mungkin juga sekarang anda sudah bisa merakit PC (personal computer) punya anda sendiri atau bahkan punya orang lain. hehe
nah mungkin beberapa dari anda masih belum paham ketika memakai aplikasi tersebut, maka dari itu admin kali ini akan share tutorial cara merakit komputer, bagi para pembaca yang tertarik ayok mari di baca dan di praktekan dengan seksama...

Cara merakit komputer
untuk pertama kali nya anda bisa siapkan bahan-bahan yang di perlukan seperti :
  • Prosesor
  • Motherboard
  • Ram
  • HDD
  • Dvd/Cd room internal
  • Vga card. jika di butuhkan 
  • Dan Casing 
  • Obeng
  • Tang
Proses kerja
    Jika semua perangkat dan alat-alat sudah siap semua mari kita mulai langkah kerjanya, pertama-tama siapkan Casing yang akan kita jadikan sebagai tempat kita merakita komponen-komponen yang ada, pada proses kali ini admin menggunakan Casing merk SPC tranformer, anda bisa memakai merk lain tidak harus mengikuti apa yang admin punya :D


 Langkah selanjutnya buka lah Casing tersebut dan pasang dudukan baut yang telah di sediakan di dalam Casing tersebut, gunakan tang dalam pemasangngan dudukan baut agar pemasangan lebih kokoh. dan jangan lupa lepaskan backpanel bawaan Casing dan ganti dengan yang ada pada bawaan motherboard anda.




Setelah step yang tadi udah di kerjain kita lanjut dengan step berikutnya, pasang lah prosesor ke motherboard dan lalu kunci, disini admin menggunakan motherboard ASUS H81M- V PLUS dan juga Prosesor Intel Core I3 4160..


Dan lalu pasanglah Fan heatsing  di atas prosesor di tempat yang sudah di sediakan kunci hingga terdengar bunyi klik, dan juga jangan lupa colokan kabel power fan ke Slot yang sudah di sediakan pada motherboard..

 


Dan juga jangan lupa pasang Ram pada slot yang sudah di sediakan pada motherboard, di sini admin menggunakan Ram 4 Gb DDR3 Team elite


 Selanjutnya anda tinggal pasangkan Motherboard ke dalam Casing dangan posisi yang benar , dan pasang baut-baut yang sudah di sediakan.


 Oke pada langkah ini kita tinggal pasangkan Cd/ Dvd room ke dalam Casing, puka penutup tempat Cd/dvd room yang ada pada bagian depan atas pada Casing dan lalu baut kan, dan juga pasang kabel power cd/dvd room dan kabel data SATA ke Cd/Dvd room dan pada Motherboard di tempat yang sudah di sediakan..









 Lalu pasang HDD pada Casing,, Sedikit Tips untuk pemasangan Hdd, jika Casing anda tidak memberikan kipas untuk HDD anda bisa mensiasati dengan memberikan sedikit rongga antara Hdd dengan bagian atas atau bawah Casing sebagai sirkulasi udara agar Hdd tidak terlalu panas..

 

Berikutnya pasang kabel-kabel yang masih belum terpasang seperti kabel power dari power supply ke Motherboard dan juga kabel ATX 12v, dan jangan lupa rapikan kabel-kabel yang masih berantakan.



Mungkin dari teman-teman masih banyak yang ragu akan pemasang panel-panel pada motherboard, berikut urutan nya: bagiang paling depan yang hanya ada 4pin di bagian paling kanan adalah power dan di kirinya led +- dan di belakang dari power adalah reset, di bagiang kiri reset adalah HDD led, tapi beberapa motherboard sudah di berikan tulisanya yang memudahkan kita dalam pemasangan..


Jika semua langkah di atas sudah di lakukan dengan benar berarti anda sudah berhasil merakit sebuah personal komputer... okee jika ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan koment di bawah dan jangan lupa share ke teman-taman yang lain,, Terimakasih.. :D


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Cara Merakit Personal Computer (PC) Lengkap Dengan Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel